Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Prospek Kerja Ilmu Tanah Yang Bisa Kamu Coba

Prospek kerja ilmu tanah pada dasarnya peluang cukup terbuka, terlebih ada banyak instansi pemerintahan serta lembaga swasta yang membutuhkan tenaga ahlinya. Oleh sebab itu, meskipun prodi ini tak sepopuler jurusan lainnya, tak membuat para alumninya sulit mendapatkan pekerjaan.

Prospek Kerja Ilmu Tanah

Program studi ilmu tanah atau sumber daya lahan adalah sebuah jurusan yang masuk ke dalam ilmu bumi (earth science). Disiplin ilmu ini menentang peran cukup penting pada perencanaan serta pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan ilmu tanah.

Prospek Kerja Ilmu Tanah

1.     Peneliti

Prospek kerja bagi para lulusan program studi ilmu tanah yang pertama adalah menjadi seorang peneliti. Bukan tidak mungkin untuk alumni jurusan tersebut berkecimpung dalam sektor ini, pasalnya semua bekal ilmu selama menempuh pendidikan kuliah sudah mumpuni dan sesuai spesifikasi.

Tugas utama dari seorang yang bekerja sebagai peneliti adalah mengembangkan sebuah ilmu pengetahuan seputar sumber daya lahan. Selain itu, Anda juga bisa, bisa bergabung dan masuk menjadi bagian dari ilmuwan. Mulai dari bekerja di LIPI, instansi pendidikan, serta Riset dan Teknologi.

2.     Konsultan

Peluang kerja berikutnya dibidang  ilmu tanah adalah menjadi seorang konsultan. Dalam bidang ini, kesempatan bekerja untuk para lulusan sumber daya lahan cukup terbuka lebar dan industri nya pun sangat menjanjikan. Selain itu, Anda juga bisa menentukan fokus ilmu seperti pertanian atau geografi.

Terlepas dari dua bidang tersebut, sebagai lulusan ilmu tanah atau sumber daya lahan, Anda juga dapat masuk ke dalam sektor lingkungan, geologi hingga pertambangan. Tugas utamanya adalah membantu perusahaan guna memecahkan suatu masalah serta memberikan saran untuk industrinya.

3.     Perbankan

prospek kerja ilmu tanah berikutnya adalah bekerja di sektor bank. Mungkin Anda berpikir bahwa bidang ini hanya dihuni oleh lulusan dari program studi berbagai ekonomi  ataupun akuntansi saja, padahal tidak. Sebagai alumni jurusan sumber daya lahan pun memiliki peluang yang sama.

Hal tersebut dikarenakan, seorang  lulusan dari  ilmu tanah telah menguasai analisis dalam  bidang eksakta. Oleh sebab itu, Anda pun memiliki kesempatan untuk  bisa bekerja pada sektor perbankan, meskipun sektor ini bisa dikatakan sangat berseberangan dengan ilmu yang dipelajari selama kuliah.

4.     Perusahaan Perkebunan dan Hutan Tanaman Industri

Sebagai lulusan program studi sumber daya lahan, Anda memiliki kesempatan untuk bisa bergabung dengan perusahaan swasta khususnya perkebunan. Ada banyak perusahaan besar yang bergerak dibidang ini dan tugasnya adalah memberikan saran kondisi tanah  dan cara memaksimalkannya.

Selain dalam bidang perkebunan, Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari perusahaan hutan tanaman industri. Karena dalam bidang ini, tugasnya sangat sekata dengan semua ilmu yang telah dipelajari oleh lulusan prodi ilmu tanah terkait pengelolaan berbagai macam tanaman.

5.     Perusahaan Pertambangan

Terlepas dari sektor perkebunan dan hutan tanaman industri, sebagai lulusan dari program studi sumber daya lahan Anda pun memiliki kesempatan untuk bisa bergabung dengan perusahaan pertambangan. Seperti yang diketahui bahwa industri satu ini sangat menjanjikan bagi para pekerjanya.

Salah satu perusahaan besar yang bergerak dibidang pertambangan minyak dan gas yaitu Unocal. Mengenai tugasnya, Anda tak perlu khawatir karena sangat dekat dengan ilmu yang telah dipelajari. Peran utamanya adalah bertanggung jawab atas konservasi lahan bekas tambang.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja ilmu tanah yang memiliki peran sangat krusial dalam hal menyusun lahan guna keberlangsungan hidup. Oleh sebab itu, industri bahkan lembaga pemerintahan sangat membutuhkan para tenaga ahlinya untuk menangani berbagai masalah.

Posting Komentar untuk "5 Prospek Kerja Ilmu Tanah Yang Bisa Kamu Coba"