Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Prospek kerja jurusan teknik kimia peluangnya sangatlah luas. Para alumni dari program studi tersebut dapat bekerja diberbagai industri seperti migas (minyak dan gas), pertambangan, semen, makanan dan minuman hingga batu bara dan masih banyak lagi lainnya. 

Beberapa Prospek Kerja Teknik Kimia yang Banyak Diminati

Program studi teknik kimia merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mengubah serta mengelola bahan baku atau mentah terutama dalam hal kimia menjadi sesuatu yang bernilai. Berikut beberapa prospek kerja untuk para lulusan jurusan teknik kimia.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

1. Teknisi Laboratorium

Berprofesi sebagai teknisi laboratorium adalah salah satu peluang dari sekian banyak pekerjaan yang bisa di tekuni oleh lulusan teknik kimia. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah bertanggung jawab terhadap semua kegiatan serta  hal yang berkaitan langsung dengan laboratorium termasuk peralatan.

Anda akan diminta untuk menjaga, memelihara hingga merawat semua perlengkapan dari laboratorium. Selain itu, tugas lainnya yaitu melakukan pendataan atas sebuah proyek yang sedang dikerjakan dalam lab. Bisa dikatakan teknisi laboratorium cukup penting untuk berjalannya  penelitian.

2. Research and Development Engineer

Tugas dari seorang research and development Engineer yaitu melakukan sebuah analisis guna kepentingan pengujian terhadap sebuah produk, mulai dari ide hingga pengembangan. Selain itu, ada banyak industri yang mungkin bisa Anda masuki dengan memanfaatkan semua ilmu pengetahuan.

Kemudian, seorang research and development juga melakukan sebuah analisis guna pengembangan teknologi baru dan digunakan untuk kepentingan industri. Lebih lengkapnya lagi profesi ini bertugas merancang suatu produk hingga proyek selesai.

Baca Juga: Prospek Kerja Pendidikan Agama Islam

3. Perminyakan

Prospek kerja jurusan teknik kimia berikutnya adalah bisa bekerja di industri minyak dan gas. Berprofesi menjadi insinyur perminyakan dengan tugas utamanya yaitu menentukan sebuah strategi dan upaya dalam ekstraksi produk bersumber MiGas (Minyak dan Gas).

Namun, pada dasarnya seorang yang berprofesi sebagai insinyur perminyakan  memiliki ruang lingkup cukup bervariasi. Mulai dari melakukan sebuah analisis terhadap suatu area guna menentukan apakah memiliki sumber kekayaan alam hingga mencari cara terbaik agar mampu menekan biaya produksi.

4. Peneliti

Prospek kerja pertama khususnya untuk  para alumni program studi teknik kimia yaitu menjadi ilmuwan peneliti atau Research Scientist. Profesi ini bertanggung jawab atas semua kegiatan pada suatu proyek mulai dari merancang, merencanakan, melakukan analisis dari investigasi hingga eksperimen uji coba.

Research Scientist memiliki ruang lingkup yang cukup luas yaitu hampir di semua sektor sains termasuk penelitian medis, geosains, farmakologi hingga meteorologi. Selain itu, tugas dari profesi ini adalah melakukan sebuah riset yang lebih mendalam lagi seperti berfokus pada bidang tertentu atau ahlinya.

5. Environmental Health Safety 

Prospek kerja teknik kimia  berikutnya yaitu bekerja sebagai  Environmental Health Safety. Tugas dari profesi ini adalah melakukan pemantauan serta menganalisis akan suatu bahaya lingkungan dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk demi berlangsungnya kehidupan. 

Selain itu, Anda akan bertugas untuk melakukan riset dan memberikan penilaian terhadap suatu lingkungan akan bahaya yang dapat mengancam kesehatan. Tak hanya itu saja, seorang Environmental Health Safety juga dituntut agar bisa menyampaikan sebuah solusi dari permasalahan.

Itulah tadi pembahasan mengenai prospek kerja jurusan teknik kimia. Peluang pekerjaan dari program studi ini tidak akan pernah ada habisnya. Hal itu dikarenakan, kehidupan manusia tak bisa dipisahkan dari segala unsur kimia, terutama terhadap berbagai produk guna kebutuhan hidup sehari-harinya.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia"