Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Kimia Murni Memiliki Peluang Yang Sangat Luas

Prospek kerja kimia murni memiliki peluang yang sangat luas untuk para alumninya mengingat disiplin ilmu tersebut mempunyai peran begitu penting guna kehidupan. Mulai dari bidang lingkungan kesehatan, obat-obatan, industri pangan, hingga sumber daya alam seperti MiGas (minyak dan gas).

Beberapa Prospek Kerja Kimia Murni

Program studi kimia murni adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang berbagai dasar ilmu kimia mulai dari secara konsep hingga prinsipnya. Para pelajarnya akan  dituntut  agar mampu memahami bagaimana  cara meneliti serta menciptakan dan sebagainya. Berikut beberapa prospek kerjanya.

Prospek Kerja Kimia Murni

1.     Research Scientist

Prospek kerja pertama khususnya untuk para alumni program studi kimia murni yaitu menjadi ilmuwan peneliti atau Research Scientist. Profesi ini bertanggung jawab atas semua kegiatan pada suatu proyek mulai dari merancang, merencanakan, melakukan analisis dari investigasi hingga eksperimen uji coba.

Research Scientist memiliki ruang lingkup yang cukup luas yaitu hampir di semua sektor sains termasuk penelitian medis, geosains, farmakologi hingga meteorologi. Selain itu, tugas dari profesi ini adalah melakukan sebuah riset yang lebih mendalam lagi seperti berfokus pada bidang tertentu atau ahlinya.

2.     R&D (Research and Development Engineer)

Tugas dari seorang research and development Engineer yaitu melakukan sebuah analisis guna kepentingan pengujian terhadap sebuah produk, mulai dari ide hingga pengembangan. Selain itu, ada banyak industri yang mungkin bisa Anda masuki dengan memanfaatkan semua ilmu pengetahuan.

Kemudian, seorang research and development juga melakukan sebuah analisis guna pengembangan teknologi baru dan digunakan untuk kepentingan industri. Lebih lengkapnya lagi profesi ini bertugas merancang suatu produk hingga proyek selesai dan dapat difungsikan untuk banyak hal.

3.     Environmental Health Safety

Prospek kerja kimia murni  berikutnya yaitu bekerja sebagai  Environmental Health Safety. Tugas dari profesi ini adalah melakukan pemantauan serta menganalisis akan suatu bahaya lingkungan dan memberikan informasi kepada masyarakat untuk demi berlangsungnya kehidupan.

Selain itu, Anda akan bertugas untuk melakukan riset dan memberikan penilaian terhadap suatu lingkungan akan bahaya yang dapat mengancam kesehatan. Tak hanya itu saja, seorang Environmental Health Safety juga dituntut agar bisa menyampaikan sebuah solusi dari permasalahan.

4.     Insinyur Perminyakan

Sebagai lulusan dari program studi kimia murni tidak menutup kemungkinan para alumninya bisa bekerja di industri minyak dan gas. Berprofesi menjadi insinyur perminyakan dengan tugas utamanya yaitu menentukan sebuah strategi dan upaya dalam ekstraksi produk bersumber MiGas.

Namun, pada dasarnya seorang yang berprofesi sebagai insinyur perminyakan  memiliki ruang lingkup cukup bervariasi. Mulai dari melakukan sebuah analisis terhadap suatu area guna menentukan apakah memiliki sumber kekayaan alam hingga mencari cara terbaik agar mampu menekan biaya produksi.

5.     Insinyur Pabrik

Insinyur pabrik atau sebutan lainnya yaitu plant engineer pada dasarnya bekerja dalam sektor manufaktur guna mengarahkan kelancaran dari sebuah operasi pabrik. Tugas utama dari pekerjaan ini adalah dalam pemeliharaan hingga perbaikan peralatan sampai pada divisi manajemen di perusahaan.

Selain itu, tugas dari seorang plant engineer sampai mencakup pada divisi manajemen tim proyek atau proyek  perencanaan serta  pelaksanaan teknik dalam bidang keahlian sesuai ketentuan. Tanggung jawab lainnya ialah mendesain tata letak terhadap manufaktur hingga mengevaluasi suatu penawaran.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa prospek kerja kimia murni. Sejatinya, sebagai lulusan dari program studi tersebut tak perlu mengkhawatirkan tentang peluang pekerjaannya setelah lulus. Karena, para tenaga ahlinya akan selalu dibutuhkan guna menunjang kebutuhan dalam kehidupan.

Posting Komentar untuk "Prospek Kerja Kimia Murni Memiliki Peluang Yang Sangat Luas"