Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Peluang Kerja Teknik Kelautan Dan Gajinya

Peluang kerja teknik kelautan benar-benar sangat luas. Keterampilan yang dipunyai oleh sarjana dari jalur ini benar-benar diperlukan di beberapa industri. Khususnya untuk industri yang berhubungan kuat dengan laut.

Peluang kerja teknik kelautan

Untuk Kamu yang bakal berkuliah, jurusan tehnik yang ini bisa saja pilihan tepat. Agar semakin yakin, baca dulu 8 kesempatan kerja teknik kelautan berikut ini.

1. Manajer Akuakultural

Peluang kerja pertama kali yang dapat Kamu peroleh sesudah lulus sarjana tehnik kelautan ialah bekerja sebagai manager akuakultural. Karier yang ini bekerja arahkan semua aktivitas semua karyawan yang berada di sektor produksi pembenihan ikan. Cakupan kerja manager akuakultural bisa benar-benar dimulai dari tingkat koperasi atau perusahaan.

Pengetahuan yang Kamu miliki dari jurusan tehnik kelautan benar-benar terkait dengan karier ini. Kamu berkesempatan mendapatkan upah besar dari karier ini. Sebagai manager akuakultural Kamu dapat memperoleh pendapatan di sekitar Rp4.100.000,00 sampai Rp5.800.000,00 per bulan.

2. Pengajar

Setelah tamat belajar dalam jurusan tehnik kelautan, Kamu bisa juga jalani karier sebagai pendidik. Kamu menjadi guru di sekolah atau dosen di kampus. Sudah pasti sektor yang bakal Kamu sampaikan terkait dengan dunia kelautan. Sektor karier yang ini benar-benar pas untuk Kamu yang punyai talenta mengajarkan.

Sebagai pendidik, Kamu bisa manfaatkan pengetahuan yang dipunyai dengan maksimal. Tetapi, bila ingin mengajarkan di kampus sebagai dosen Kamu harus berani untuk ambil pengajaran master lebih dulu. Sebagai pendidik kelak Kamu dapat peroleh pendapatan dimulai dari Rp2.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00.

3. Manajer Arsitektur Dan Insinyur

Peluang profesi berikutnya yang dapat Kamu tekuni sesudah lulus ialah manager arsitektur dan insinyur. Dari sektor karier ini, Kamu akan bekerja membuat gagasan dan arahkan rutinitas di bagian arsitektur tehnik. Tingkatan profesi yang bakal Kamu peroleh dari karier ini terang benar-benar ceria dan menjanjikan upah yang besar.

Sebagai manager arsitektur dan insinyur Kamu akan mempunyai tanggung jawab besar mengatur kesuksesan satu project. Upah yang dapat Kamu peroleh dari karier ini di antara Rp8.000.000,00 sampai Rp14.000.000,00. Angka ini dapat makin besar bila Kamu bekerja di perusahaan berskala besar.

Baca Juga: Prospek Kerja Teknologi Pangan

4. Teknisi Sipil

Jurusan teknik kelautan sesungguhnya sebagai peningkatan dari tehnik sipil. Alumni dari jurusan ini juga dapat bekerja sebagai mekanik sipil yang terkait dengan project konstruksi di lautan. Sebagai mekanik sipil, Kamu harus memiliki ketrampilan program teori dan konsep tehnik sipil.

Di bagian karier yang ini Kamu harus sanggup membuat rencana dan memantau sebuah project konstruksi. Upah yang dapat Kamu raih dari karier ini lumayan menjanjikan sekitar Rp3.400.000,00 hingga Rp5.700.000,00.

5. Manajer Konstruksi

Banyak mahasiswa tehnik kelautan yang menempatkan sasaran untuk bekerja sebagai manager konstruksi sesudah lulus. Pekerjaan dari manager konstruksi ialah berencana dan arahkan pekerjaan yang mempunyai jalinan dengan project konstruksi. Sebagai manager konstruksi, Kamu dapat memperoleh upah dimulai dari Rp6.000.000,00 sampai Rp11.000.000,00.

6. Teknisi Kelautan

Peluang atau prospek kerja tehnik kelautan yang selanjutnya ialah mekanik kelautan. Sebagai mekanik kelautan Kamu akan melakukan pekerjaan membuat perancangan, meningkatkan, dan bertanggungjawab dalam penempatan alat dan mesin kapal. Disaksikan dari pekerjaan yang perlu Kamu lakukan ini, jelas sudah jika peranmu sebagai mekanik kelautan akan penting.

Bekerja sebagai mekanik kelautan memang memerlukan usaha keras dan bekal pengetahuan yang luas. Kamu harus juga siap bekerja lapangan dan hadapi bermacam rintangan. Dari sektor karier ini, Kamu dapat mendapatkan pendapatan di antara Rp4.000.000,00 sampai Rp7.000.000,00.

7. Insinyur Sipil

Pilihan profesi berikutnya yang dapat ditelateni oleh sarjana tehnik kelautan ialah insinyur sipil. Kamu dapat bekerja sebagai insinyur sipil dan melakukan pekerjaan berencana dan memantau pembangunan satu susunan bangunan. Kamu bertanggungjawab dalam perawatan susunan bangunan dimulai dari jembatan, bendungan, project irigasi, jaringan pipa, dermaga, dan lain-lain.

Sebagai insinyur sipil, Kamu dapat mengimplementasikan pengetahuan yang Kamu dalami di jalur tehnik kelautan dengan maksimal. Sektor karier ini benar-benar utama di dunia konstruksi. Kamu dapat memperoleh upah dimulai dari Rp4.300.000,00 sampai Rp6.500.000,00.

8. Pengawas Konstruksi Dan Bangunan

Sebagai lulusan teknik kelautan, Kamu juga bisa kok bekerja untuk pengawas konstruksi dan bangunan. Pekerjaanmu kelak ialah mengecek susunan satu bangunan. Disamping itu Kamu akan mengimplementasikan kekuatan tehnik untuk tentukan kualitas susunan bangunan. Hasil riset ini selanjutnya digunakan untuk pastikan kecocokannya dengan detail, code bangunan, dan peraturan yang lain.

Sebagai pengawas konstruksi dan bangunan, Kamu akan lakukan pengecekan secara detail pada sesuatu project konstruksi. Upah yang dapat Kamu bisa dari tipe karier ini di antara Rp3.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00.

Itulah sedikit ulasan mengenai beberapa prospek kerja tehnik kelautan. Pada dasarnya, masih terdapat banyak pekerjaan lain yang sangat terbuka lebar untuk para lulusan di bidang ini. Jadi, manfaatkanlah ilmu tersebut sebaik-baiknya supaya tujuan bisa tercapai dan sesuai dengan keinginan.

Posting Komentar untuk "8 Peluang Kerja Teknik Kelautan Dan Gajinya"